Minggu, 12 Januari 2014

Apa itu Plencing

Plencing Goreng
Setiap pembeli baru di warung mi lethek selalu bertanya kala membaca daftar menu tertulis Plencing. Apa sih plencing itu? Mereka langsung menebak, dari kangkung ya? Bukan, Plencing merupakan resep kreasi almarhum eyang kami mbah Mendes, yaitu mi lethek goreng atau godog ditambah tahu putih yang dimasak  manis (dari kecap) dan pedhas (dari irisan cabe). 

Suatu sensasi rasa yang berkebalikan, manis vs pedhas dalam satu masakan. Dan itulah hebatnya plencing. Lidah anda akan terpuaskan dengan rasa itu. Pertama-tama ujung lidah anda akan merasakan manisnya plencing dan selanjutnya seluruh permukaan lidah akan dijalari rasa pedhas yang memanas, sementara diantara rasa pedhas itu terselip rasa gurih asam dan asin, benar-benar harmoni rasa yang jitu dan nendhang.

Bagi orang yang tidak doyan dengan rasa pedhas, tapi pengin mencoba plencing, bisa saja cabenya minta dihilangkan, sehingga rasanya hanya manis dan gurih. Bagi yang menyukai pedhas bisa juga level pedhasnya dibuat pedhas sedang atau bahkan pedhas banget. Semua bisa diatur sesuai dengan selera anda.