Selasa, 30 Mei 2017

Bakmi Jawa Mendes Pede tanpa MSG






Mono Sodium Glutamat alias MSG alias micin ini dikenal sebagai salah satu bahan penyedap rasa gurih yang terkandung dalam suatu masakan

Kandungan Natrium or sodium dalam MSG akan mengikat air,sehingga tekanan di dlm pembuluh darah akan meningkat (tensi darah jadi meninggi).

Apakah langsung bergejala?
Tergantung batas toleransi seseorang.

Jadi mau garam (NaCl) ataupun juga pengembang (Na2CO3) maupun MSG, mempunyai sifat yg sama, bisa mengikat air dan menyebabkan tekanan darah meningkat ataupun kerja jantung sebagai pompa darah "lebih" berat.

Salah satu fungsi senyawa glutamat pada tubuh adalah sebagai Neuro transmitter atau penghantar saraf,(atau Pembawa sinyal dalam sistem persyarafan). Apabila jumlahnya terlalu banyak maka rangsangan syaraf atau kelistrikan nya juga akan over.

Dampaknya akan muncul gejala seperti kejang2, pusing, tensi tinggi (dan juga menyebabkan stroke).

Jadi gunakanlah dengan *BIJAK*

*GLUTAMAT ADA DI BAHAN " ALAMI*

Glutamat juga bisa ditemukan pada sayuran seperti tomat, kol, bayam, asparagus hijau, jagung, bawang bombay, kentang, jamur.

Juga pada keju, saos tiram, kecap, saos tomat, terasi, kepiting, ikan, daging ayam, daging sapi, udang.

Sekedar informasi MISAL Pada 100 gram keju misalnya, terkandung 1.200 mg glutamat dalam bentuk bebas dan 9.847 mg glutamat dalam bentuk terikat protein.

MSG yg alami seperti di atas jauh lebih dianjurkan daripada yg sintetis.

Intinya...over MSG itu tak baik...nah utk menstop over itu ya ndak usah pake MSG sama sekali sbab sudah tercukupi oleh makanan yg lain, rasa gurih pun dapat disubstitusi dengan bahan alami yang lain. Lebih sehat lebih mendes...betul?



#SalamMendes