Jumat, 02 Juni 2017

Puasa Tanpa Merasa Haus

Meski setelah makan sahur sudah minum air putih secukupnya, saat puasa pada siang hari masih juga terasa haus. Hal ini disebabkan oleh makan sahur yang terlalu banyak mengandung minyak.

Minyak apabila menyangkut di tenggorokan akan menyebabkan tenggorokan terasa kering sehingga rasa haus akan muncul karenanya.

Memang...metabolisme secara alami tenggorokan itu akan memproduksi lendir untuk mengatasi dampak kekeringan lokal tersebut. Namun kalau dalam jangka waktu lama tidak ada asupan air, lendir itu tidak menuntaskan rasa haus yang terasa.

Apabila terjadi kekeringan yang berlebihan bisa dikurangi dengan kumur air garam hangat. Takaran cukup 1 sendok makan garam dan air hangat segelas besar lalu dikumur semampunya.

Lakukan kumur ini setelah makan sahur dan bisa dilanjutkan minur segelas air hangat untuk menggelontor minyak masuk ke perut atau minum air hangat yang mengandung kunyit.

Saat sahur hindarilah makanan yang mengandung protein/lemak berlebih termasuk produk2 kedelai dan turunannya seperti tahu, tempe. Keju dan susu juga termasuk.

Semoga puasa anda terlepas dari rasa haus yang menyengat...

Salam mendes