Minggu, 29 Oktober 2017

Sakses Mendes





Yuni adaah seorang muda yang cantik, dia sudah bekerja di perusahaan ini selama 3 tahun, tapi orang-orang baru yang belum bekerja lama saja sudah naik pangkat, sedangkan dia sama sekali tidak, tentunya dia merasa sangat kecewa.

Sampai suatu hari, dia akhirnya memberanikan diri bertanya pada bosnya, "Pak, apa saya pernah terlambat, pulang duluan atau mengacaukan kantor?" Bosnya langsung menjawab, "Tidak pernah."

"Kalau gitu, apa perusahaan ini pilih kasih?" Lanjut Yuni. Bosnya berhenti sebentar, kemudian menjawab, "Tentu tidak."

"Kalau gitu, kenapa pegawai yang baru masuk kok bisa dipromosikan, sedangkan saya tetap di posisi yang sama?"

Bosnya diam sejenak, kemudian tersenyum sambil berkata, "Masalah kamu ini nanti kita bicarakan, aku ada hal yang lebih penting sekarang, atau kamu mau bantu?"

"Ada klien yang mau datang ke sini, coba kamu tanya dia kapan datangnya." Lanjut bosnya.

"Ini benar-benar pekerjaan penting ya.." Sebelum keluar, Yuni menambahkan

Satu jam kemudian, ia kembali ke ruangan bosnya.

"Udah dikontak?" tanya bos

"Udah, katanya mungkin minggu depan akan datang." Jawab Yuni

"Pastinya hari apa?" Tanya bosnya lagi

"Ini saya gak tanya jelas.."

"Mereka berapa orang yang datang?"

"Ah! Bapak gak minta saya tanya tadi.."

"Kalau gitu mereka datang naik apa? Kereta atau pesawat?"

"Ini juga bapak gak minta saya tanya.."

Bosnya tidak lagi berkata apa-apa, kemudian dia mengangkat telepon dan memanggil Jesy, yang baru masuk ke kantor selama 1 tahun, tapi dia sudah menjabat sebagai supervisor.

Jesy mendapatkan tugas yang sama persis. Hanya perlu beberapa menit saja, dia sudah kembali ke ruangan bosnya.

"Jadi begini pak" Jelas Jesy.. "Mereka akan datang hari jumat depan, naik kereta jam 09.00 pagi, kemungkinan jam 16.00 wib akan tiba di Probolinggo, total 6 orang, akan dipimpin oleh manajer pemasaran, saya sudah menjelaskan pada mereka, kami akan meminta orang untuk menjemput mereka di station."

"Selain itu, mereka berencana untuk datang selama 2 hari, mengenai shecdule mereka, nanti akan dibicarakan lagi bersama bapak Benjamin. Untuk memudahkan, saya menyarankan untuk memesankan hotel di dekat kantor ini pak, kalau bapak setuju, saya akan memesan kamarnya."

"Oh ya, minggu depan mungkin akan hujan, saya akan mengontak kembali klien tersebut, kalau sampai ada perubahan cuaca, saya akan langsung mengabari mereka."

Yuni berdiri di samping dan mukanya memerah, dia tidak bisa berkata apa-apa lagi.

Malam itu, Yuni mendapatkan sebuah Chat WA dari bosnya yang berisi demikian..

Yun, tidak peduli kamu bekerja di mana pun, kamu harus ingat hal ini!

Pertama, perusahaan tidak akan butuh orang santai, tim kerja tidak mau pemalas.

Kedua, waktu kamu bekerja, kamu jangan hanya memikirkan uang, kamu harus belajar agar dirimu itu memang senilai dengan uangnya.

Ketiga, tidak ada perusahaan yang membuatmu mudah mendapatkan uang.

Keempat, tidak ada pekerjaan yang selalu lancar, kamu harus bisa bersabar.

Kelima, kalau kamu tidak menghasilkan uang, hasilkanlah pengetahuan; kalau tidak menghasilkan pengetahuan, hasilkanlah pengalaman; kalau tidak menghasilkan pengalaman, hasilkanlah pengertian. Kalau kamu sudah menghasilkan semua itu, tidak mungkin kamu tidak menghasilkan uang.

Keenam, asalkan mengubah dahulu perilaku diri sendiri, baru bisa mengubah nasibmu. Asal kamu mengubah dahulu cara kamu bekerja, kamu baru bisa mendapatkan posisi yang tinggi.

Ketujuh, seringkali orang terburu-buru hanya karena usia yang menurut mereka seharusnya sudah bisa mendapatkan lebih, memikirkan banyak hal, tapi melakukan hanya sedikit.

Saat itulah Yuni tersadar, tidak ada orang yang begitu lahir langsung bisa melakukan banyak hal besar, mulai dari hal mudah dan biasa. Apa yang kamu bangun dari dirimu sendiri, itu yang bisa memutuskan masa depanmu.

Pegawai yang baik bukanlah mereka yang dengan manis menunggu pekerjaan datang, tapi mereka yang secara aktif mengerti apa yang harus mereka lakukan dan dengan bertanggung jawab menyelesaikannya.

Jika kamu pengin sakses kalian tidak bisa menjadi orang yang biasa-biasa saja, tetapi kalian harus menjadi pribadi yang luwar biasah...

So...jangan benci hari Senen....hahaha

#salammendes

Rabu, 25 Oktober 2017

Jangan Pelit Berdoa






Pernahkan anda mendoakan kesaksesan seseorang? Nah sekarang mari kita lakukan. Entah anda dimana, coba pikirkan selama 10 detik saja. Pikirkan dua orang yang ada diruangan anda lalu katakan dalam hati “Saya mendoakan dengan tulus agar sie A bahagia, saya mendoakan dengan tulus agar sie B bahagia”.

Bukankah cara berdoa ini simple sekali? Ternyata cara ini telah mengubah banyak orang. Setiap orang yang telah mempraktekkan cara ini akan tersenyum puas sendiri dan merasa lebih bahagia ketimbang 1 detik sebelumnya.

Coba saja lakukan ini dalam ruangan kantor atau perusahaan anda. Setiap jam daripada ngelamun atau buka2 android yang tak bermanfaat. Ya, hanya 10 detik setiap jam nya. Pilih aja secara acak orang yang melintas di depan ruangan anda. Toh ini hanya di dalam pikiran anda, jadi tidak ada yang menyulitkan dan memalukan.

Mengapa praktik ini efektif untuk menciptakan suasana bahagia dalam hati?

Ketika saya mempraktekkan cara ini saya baru sadar bahwa sumber stress adalah karena kita sibuk memikirkan diri kita sendiri. Coba saja teliti baik-baik doa-doa kita, ada 99% untuk kebaikan, kebahagiaan, dan kekayaan diri kita sendiri.

Kayaknya jarang sekali kita menyelipkan doa untuk tetangga yang lagi susah, bakul mi lethek yang kerja sampai malem, petugas PLN yang benerin kabel putus tertimpa pohon di malam hari dan hujan.

Padahal salah satu sumber kebahagiaan itu ternyata adalah melakukan kebaikan untuk orang lain, altruisme.

Dan sebaliknya sumber ketidak=bahagiaan adalah selfish, egoisme, selalu Me Me dan Me (aku,aku dan aku.

Oleh karena marilah kita praktekkan dan saling mendoakan satu sama lain. Semoga kita menjadi orang yang bahagia.

#salammendes
#janganlupabahagia

Selasa, 24 Oktober 2017

Membangun Jejaring Bisnis






Bisnis jaman sekarang kalau pengin sakses tidak lepas dari jejaring. Jejaring pertemanan dari berbagai pihak harus kita terima dengan suka cita.

Nah, branding Mendes yang sudah menyusup masuk FTP UGM dan alumninya sebagai gudange para ahli pangan diundang rapat untuk membentuk jaringan bisnis alumni.


Kesempatan emas begini tentu tidak boleh disia-siakan. Mendes hadir aktif sambil membawa mi goreng untuk seluruh peserta rapat sebagai bahan tes rasa dan pencicipan rasa.

Mereka tidak hanya mencicipi rasa yang memang sudah standard Mendes tetapi banyak terucap hendak mampir ke warung, dah....itu saja cukup. Artinya, ikan sudah masuk perangkap...

Hahahaha..

Senin, 23 Oktober 2017

Penjara Pikiran




Penemu sikat gigi modern adalah orang Inggris bernama William Addis. Dia memakai tulang yang dilubanginya kecil-kecil, kemudian mengisinya dengan bulu binatang, serta mengelemnya menjadi satu.

William pun menjadi jutawan setelah idenya dikembangkan menjadi sikat gigi berbulu nilon dan diproduksi oleh perusahaan Amerika bernama ‘Du Pont’ pada tahun 1938.

Tahukah Anda, bahwa saat William Addis menemukan konsep sikat gigi, ia sedang mendekam di penjara?

Tubuhnya di penjara, tapi pikirannya tidak terpenjara.

Sementara banyak orang yang tidak di penjara, tetapi seringkali memenjarakan pikirannya sendiri.

Penjara itu berupa kata-kata:

“Tidak mungkin”,
“Tidak bisa”,
“Tidak mau”,
“Tidak berani”, dan tidak tidak lainnya, yang kerap menjadi penghalang kita untuk berkembang.

Sang Pencipta memberikan kita potensi untuk dikembangkan, secara positif dan semaksimal mungkin.

Jadi, jangan mengizinkan keadaan apapun memenjarakan pikiran kita dengan vonis berkata “tidak”

Mulailah memikirkan sebuah kemenangan daripada sebuah kekalahan.

Tahukah anda bahwa awalnya saya melihat mi lethek itu sebagai sebuah mi yang ruwet. Banyak orang mengatakan tidak mungkin bisa bersaing dengan mi instan yang sudah kuat sekali mencengkeram konsumen.

Anda ingat? Didunia ini selalu ada dualisme. Ada lelaki ada perempuan. Ada kelebihan ada kekurangan. Saya hanya melototi bahwa di dalam setiap kelemahan pasti ada kelebihan. Didalam kelethekan ada kesehatan, bukankah ini ide yang simple?

Anda perlu keteguhan hati bagai banteng yang siap menyundang matador yang ditonton banyak orang. Anda harus bayangkan sekokoh batu karang yang tidak lekang oleh panas-teriknya mentari, gempuran ombak, dan guyuran hujan
.
Jangan kaget bila justru orang terdekat anda nyinyir ikut memvonis usaha anda dengan berkata “tidak” but the show must go on...

Sekarang giliran anda. Cobalah buka sedikit pintu Penjara Fikiran anda....lihatlah diluaran sana, ada mi lethek yang siap disantap...

Hahaha...
#salammendes

Minggu, 22 Oktober 2017

Pelayanan yang total lethek bikin pelanggan termendes-mendes



Seorang pemuda Texas pindah ke California & melamar kerja di sebuah pusat pertokoan ternama.

" Apa kamu punya pengalaman sebagai sales? "

" Ya, saya sebelumnya adalah sales di Texas "

" Baik, kamu dapat memulai besok. Saya akan melihat pekerjaanmu setelah toko tutup "

Hari pertamanya bekerja memang berat, namun ia dapat melaluinya dgn baik.

Sesudah toko tutup, bosnya menghampirinya dan bertanya ," Berapa banyak pelangganmu hari ini? "

" Hanya Satu "

" Hanya satu? Penjual kami rata-rata menangani 20 sampai 30 pembeli perhari. Berapa jumlah penjualan tsb? "

" $101,237.64 ."

" Apa? $101,237.64????
Apa saja yg berhasil kau jual? Sejak pusat pertokoan kami dibuka, belum pernah ada rekor penjualan sales sebesar itu ."

" Mula-mula saya menjual kail ukuran kecil pada pembeli itu. Kemudian kail ukuran sedang, lalu kail ukuran besar. Akhirnya alat pancing ikan .

Saya bertanya padanya ke mana ia akan memancing, & ia menjawab ke pantai.
Saya menawarkan perahu, & ia membeli perahu Chris Craft bermesin dua.

Lalu katanya, mobil Honda Civic yang dimilikinya tak bisa menarik perahu itu, maka kami menuju ke bagian penjualan mobil, & ia membeli mobil Blazer 4x4 ."

Bosnya bertanya, " Woww.. Seorang pembeli kemari hanya untuk membeli kail tapi kamu berhasil menjual perahu & mobil kepadanya? "

" Tidak pak, sebenarnya ia hanya ingin membeli pembalut wanita untuk istrinya, & saya hanya menyarankan ,'Bagaimana kalau akhir pekan ini Anda manfaatkan untuk memancing?' "

“Pesan Moral”
Kualitas pelayanan yg penuh “ketulusan, keramahtamahan & kehangatan, serta bisa menggali keinginan2 kedepannya” bisa menyentuh hati tiap calon pembeli.

Berilah perhatian & layanilah setiap orang di sekitarmu dengan “tulus & semaksimal mungkin” maka kita akan menuai hasil yg menakjubkan

Semangat pagi - salam Mendes...!!!

Sabtu, 21 Oktober 2017

Rombongan Dari Jakarta







Rombangan satu bis pariwisata ini datang dari Jakarta sebanyak 40 orang.
Kerennya mereka menyewa penari jawa klasik dari Solo untuk menyambutnya di Mendes, elok toh...
Musiknya cukup ditaruh dalam flashdisk njur dicolokin ke sound system...simple toh...
Semua senang semua gembira. Teko pisan dadi tuman...

Jumat, 20 Oktober 2017

Pentingnya Silaturohim



Berikut ini adalah 5 keuntungan dari silaturohim, kopdar, temu kangen dalam membangun jaringan dan relasi dalam bisnis.

1. Dari Mulut ke Mulut

Jaringan bisnis yang baik akan membantu Anda tidak hanya dalam menambah relasi tetapi meningkatkan kualitas usaha Anda. Dikatakan bahwa trik marketing yang paling bagus adalah melalui pembicaraan mulut ke mulut. Dengan membangun jaringan dan menambah pergaulan, akan jauh lebih banyak orang yang akan tertarik dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Seperti banyak yang diketahui, seorang individu gemar berbagi informasi kepada rekan dan sahabat mereka, termasuk membicarakan tentang usaha Anda apabila ada yang berkaitan.

2. Menambah Koneksi dan Relasi

Keuntungan terbesar dalam memiliki relasi yang luas adalah bertambahnya koneksi Anda dalam menjalankan dunia usaha. Dengan mengenal Anda, orang akan menaruh kepercayaan lebih kepada Anda. Anda dapat memberikan masukan kepada orang yang membutuhkan sesuatu dari bidang Anda seperti apabila Anda menjual Sepatu Olahraga, Anda dapat menyarankan pada relasi Anda yang ingin membeli sepatu untuk bermain basket tentang sepatu olahraga yang mana yang cocok untuk mereka. Dan sebaliknya, Anda dapat mendapatkan berbagai informasi yang berguna untuk kehidupan personal dan bisnis Anda.

3. Memecahkan Persoalan yang Sama

Anda akan menemukan orang yang menghadapi persoalan dalam dunia usaha yang hampir sama dengan apa yang sedang Anda alami. Mereka dapat mengatasi masalah tersebut dan Anda dapat mengambil contoh bagaimana mereka menyikapi masalah tersebut dan menerapkannya dalam usaha Anda sendiri. Dalam arti lain, Anda akan bertemu individu lain melalui koneksi bisnis yang akan berperan sebagai mentor Anda ketika Anda berhadapan dengan persoalan. Dengan pertolongan seperti ini, Anda akan mendapatkan diri Anda jauh lebih percaya diri dalam mengambil keputusan.

4. Kesempatan yang Tidak Pernah Terpikirkan Sebelumnya

Dengan mengenal banyak pribadi lain, pikiran Anda akan menjadi lebih terbuka dan mengetahui akan adanya kesempatan baru yang dapat Anda raih. Kenyataannya, ketika Anda mengenal lebih banyak orang, Anda tidak akan pernah tahu apakah Anda dapat menolong orang tersebut dimasa depan ataupun sebaliknya. Jika kita menutup diri untuk berkomunikasi dengan yang lain, maka kesempatan yang kita dapatkan akan menjadi sangat terbatas.

5. Bukan Hanya Untuk Meningkatkan Penjualan

Kebanyakan orang salah kaprah dalam mengartikan relasi bisnis karena semua dikaitkan dengan penjualan. Pada kenyataannya, membangun relasi bisnis tidak semata-mata demi meningkatkan penjualan. Dengan bekerjasama dengan orang lain, Anda juga dapat meningkatkan pengetahuan yang dapat digunakan dalam mengembangkan usaha Anda.

Dengan membangun relasi, memang benar sebagian besar merupakan salah satu strategi dalam menjalankan bisnis. Tetapi tidak semata-mata hanya itu saja, mengenal banyak orang yang memiliki pandangan berbeda-beda dan dikelilingi oleh banyak teman dibidang yang beragam akan menjadikan Anda pribadi yang lebih baik dan juga menambah wawasan Anda akan dunia bisnis maupun pribadi.

Salam mendes

Kamis, 19 Oktober 2017

Wedang Jahe Van Mendes




Semalem ketemu seorang teman akrab, lama kangsen tapi nggak pernah gathuk waktunya.

"Kowe ki jian jahe tenan, jahe pribumi...! Angel golekane, wis koyo menteri Mendes...!"


Kandyani og...

Wis gak usah ngomel, musim hujan banyak gerimis adem begini enaknya ngombe wedang jahe gula jawa ya. Kita harus jaga asupan penghangat badan pengusir masuk angin biar tetap fit dan bugar mbree...

Wedang jahe van Mendes kita kasih kapulogo karena baik untuk menurunkan tensi, baik untuk jantung yaitu melancarkan sirkulasi darah, mencegah osteoporosis, sifat diuretik baik untuk ginjal serta yang terheboh adalah punya sifat afrosidiak, yaitu bisa meningkatkan gairah sexual bibieb...

Jadi, mbah Mendes nggak ngawur ngoplos herbal wedang jahe emprit...

Hahaha...

Rabu, 18 Oktober 2017

Saatnya makanan pribumi berjaya



Saatnya makanan pribumi berjaya di kandang sendiri...makanan lokal sehat berani bersaing dengan makanan pendatang, aseng maupun asing.

Silahkan jualan ayam ras goreng, godog, bacem, ditepungi, dipresto, digeprek, dibumbu rujak polo sampai bumbu crispy...

Silahkan franchise pizza, kopi, satae, dll

Saya milih buka warung mi lethek wae. Sebab mi lethek merupakan turunan dari telo alias singkong. Anak singkong sing asale seko ndeso ning ora inlander, iki turunan highlander...

Ayuk maju bareng ben rame donya kulinere. Rasah ceker2an...cekere dikripik wae sing empuk gurih ben dadi icon bisnismu.

Haha...

Senin, 16 Oktober 2017

Pak Djarot Makan Malam di Mendes



Pak Djarot, bukan ranah kami untuk bertanya kenapa anda tidak hadir saat pelantikan pengganti anda. Tetapi di saat anda hadir di Mendes untuk makan malam ya harus kami layani dengan sebaik-baiknya.

Terima kasih pak...

Sabtu, 14 Oktober 2017

Gojek Masuk Desa





Gojek memang kagak bohong, saat ketemu mereka bilang bahwa area sampai pantai selatan sudah di open untuk layanan gojek.

Kita buktikan. Iseng mi mendes cabang Sorobayan yang tengah direnovasi total kita daftarkan Gojek dan ternyata tak ada hitungan bulan ada driver Gojek domisili Celep tilpun karena ada order 4 porsi mi godog, goreng untuk dikirim ke Banaran Kulon Progo.

Bahkan sampai ndesopun sudah bergojek mbree... Jajalin ajah jika males ke warung karena satu dan lain hal...gojekin ajah beib...simple kan, ojo koyo wong susah beib...

Hahaha...

Selasa, 10 Oktober 2017

Mari Bersenandung sambil ngemi lethek



Kalo cuma mempromosiken makanan sehat aja sudah lewat. Banyak orang tahu bahwa pola makan sehat adalah pola makan bergizi seimbang, ini penyempurnaan dari 4 sehat 5 sempurna yang ngetop saat orde baru.

Bicara makanan sehat paling2 akan menjelaskan bahwa proses pembuatane bebas pengawet, pewarna maupun micin (msg). Ah itu sesuatu yang sangat mudah...itu sudah lewat.

Tapi soal makan jaman sekarang itu butuh suasana beib. Suasana yang mendukung untuk bersenandung...

Nah, semuanya ada di mendes Meguwo beib...
Haha...

Senin, 09 Oktober 2017

Renovasi Mi Lethek Cikal Bakal

Pembongkaran bangunan lawas yang layoutnya sudah tidak layak sudah dimulai. 

Disini akan kita tambah limasan untuk menguatkan kesan etnik jawa. Karena mi mendes itu warung berkonsep etnik jawa..



Minggu, 08 Oktober 2017

Pelanggan Mi Lethek Mbah Mendes Mbludak





Alhamdulilah...meski ini bulan Suro..mendes tetap saja mbludak. Semalem ada rombongan satu bis Pariwisata dari Malang dengan 43 penumpang bikin rombongan yang lain tidak kebagian tempat duduk hingga harus antri dulu...yg penting orderane masuk dulu biar cepat dimasakin.

Setiap weekend mendes memang rame dan itu berkat kepercayaan anda semua. Bahwa makanan lokal sehat, menu ndeso sudah diterima tastenya untuk bersaing dengan menu luar negeri yang ada di sini...

#salammendes

Pindahan Mendes Terakhir...



Gajah mati meninggalkan gading, Mendes pindah meninggalkan puing...

Haha...
Dan Mendes pindah bukan karena punah...

Buktinya mas Cahyo (belum pernah ketemu..tapi tilpun nomor ku) dari Malang besok hadir bawa 1 bus Pariwisata isi 40 orang...kita alihkan aja ke Meguwo ...gampang

Mereka setuju Cing...
Titenono bakal tak suguh plencing..

Senin, 02 Oktober 2017

Festival Kuliner Yogya



Jangan lupa.... untuk para penikmat kuliner Jogja dan sekitarnya mborong kuliner di Kedai Klangenan. Mendes hadir disitu, masak disitu...

Di PKKH Bulaksumur ( Purna Budaya)
Jam 08.00 - 16.00.
Silahkan mengikuti Cooking Class menyeduh kopi dan membuat kuah Solo, dan Master Class membuat kemasan dr daun pisang & janur. GRATIIISSSS....

Mendes Jl Paris Pindah Mangkubumi



Kuat dilakoni yen ra kuat ditinggal pindah, tetap smangat ora ono kata menyerah...

Bulan Oktober 2017 ini mendes jl Paris pindah ke Jl Margo Utomo persis lor Hotel Grand Zuri, timur jalan...Rencana buka sekitar tanggal 20 an sehabis bulan Suro lah...