Senin, 23 April 2018

Formula Lama vs Formula Baru



Bakul bakmi zaman old seperti nenek saya membuat bakmi jawa sesuai resep kebanyakan orang. Resep itu begitu kuat menghunjam di benak simbah. Bertahun-tahun tetap tidak berubah. Rupanya hal ini sama dengan cara menghasilkan uang.

Kebanyakan dari kita tentu sudah dengar pepatah, “anda adalah apa yang anda makan” yang dalam bahasa enggres “You are what you eat” Kalimat itu sebenarnya ingin mengatakan bahwa makanan sangat mempengaruhi tubuh dan pikiran kita, dan akhirnya membentuk diri kita. Untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar, salah satu hal yang harus diperhatikan memang makanan sehat bergizi seimbang.

Tetapi boleh dong kalau saya anti mainstream mempunyai pandangan lain, yakni ”Anda menjadi apa yang anda pelajari”. Dengan kata lain, berhati-hatilah dengan apa yang anda pelajari, karena pikiran anda begitu kuat sehingga anda menjadi apa yang anda letakkan di kepala anda. Misal, anda belajar masak tentu kelak hendak menjadi koki atau chef, bukan sopir bis.

Dalam hal uang, kebanyakan orang pada umunya mempunyai formula dasar “bekerja untuk mendapatkan uang”. Lihatlah, jutaan orang didunia ini mruput bangun pagi untuk pergi bekerja, menghasilkan uang, membayar tagihan, sibuk mem-balance-kan cost dan income, membeli real estate dan kembali bekerja lagi.

Nah, apabila anda letih dan berasa tidak cukup sakses menghasilkan uang, berarti anda harus mengubah formula lama dengan formula baru.

Pikiran itu sejalan dengan mi lethek mbah Mendes. Resep turunan yang sudah belasan tahun itu harus dirombak, tampilan warung yang serba apa adanya harus dipoles dengan etnik yang lebih menyolok, dan branding gila-gilaan harus dilakukan secara konsisten di medsos. Itulah sebabnya secara rata-rata saya bisa menghasilkan uang yang lebih banyak daripada warung bakmi simbah sebelumnya.

Ingat, dunia zaman now berubah sangat cepat. Bukan seberapa banyak yang anda ketahui, sebab terkadang yang anda ketahui itu sudah kadaluarsa. Yang penting adalah seberapa cepat anda belajar untuk berubah. Ketrampilan itu tak ternilai, tak ternilai dalam menemukan formula lebih cepat, resep untuk menghasilkan uang. Bekerja keras untuk mendapatkan uang adalah formula lama zaman old saat sepur terbuat dari lempung, Zaman now kita harus kerja cerdas.

#salammendes