Kamis, 06 Desember 2018

Siapa sih target market anda?



Coba bantu jawab pertanyaan saya, who has the problem? Boso jawane, sopo sing nduwe masalah? Bahasa bisnisnya, siapa target market anda?

Seorang pemula bisnis akan sulit menjawab pertanyaan gampang itu, atau malah belum terpikirkan dan dengan spontan menjawab, semua orang bisa menjadi target.

Benar, itu tidak salah, tetapi untuk promosi yang efektif diperlukan target yang spesifik. Kalau terlalu umum kayak gitu maka effort nya gede dan boncos. Sampai disini paham?

Kita harus menentukan segmen yang spesifik lah. Caranya pie Mbah Mendes? Sabar dong...

Nah, disini kita mesti jeli untuk membedakan mana pembuat keputusan dan mana pengguna keputusan.

Contohnya, untuk beli mi lethek Mbah Mendes siapa yang biasanya mutusin ke warung? Anak, bapak atau Ibu.

Anak biasanya main game dan sesekali lihat promo mi Mendes di medsos tapi diam, bapak paling2 cuek dan kalo ada perhatian nge like dan komen. Ibulah yang peduli makanan sehat untuk keluarganya.

Logikanya masuk pak Eko? Sekarang kita pegang bahwa jenis kelamin ibu masuk dalam target market promosi kita.

Seterusnya tinggal diperdalam, berapa umur wanita yang sudah menikah? Ambil saja umur 20 THN sampai 50 tahun. Mereka lah yang nge drive soal pola makan sehat.

Lebih dalam lagi, anda cari hasil survei Mbah Google, daerah mana saja yang suka bakmi? Anda akan dijawab Yogya, Solo, Semarang' Bekasi, Depok Jabar, Jakarta dan Tangerang menduduki peringkat atas. Anda salah kalo mentarget orang Manado. Simple kan?

Ayuuk kapan sharing mbedah target market bisnismu? Aku tunggu bincang bisnis di Mendes.

Hahaha...
#salammendes
#cemilanbisnis